GAMBARAN UMUM Business LAUNDRY KILOAN

GAMBARAN UMUM Business LAUNDRY KILOAN
LATAR BELAKANG PEMILIHAN Bisnis LAUNDRY KILOAN
Menggunakan pola hidup enggan mencuci.
Perubahan lifestyle & tuntutan kesibukan, tidak sedikit mahasiswa, karyawan, & ibu hunian tangga, yg tak mempunyai dikala buat mencuci baju mereka, & menyerahkannya terhadap bisnis laundry kiloan.
Keadaan cuaca disaat ini yg mengakibatkan baju tidak jarang lebih enteng jadi kumuh, bahkan dimusim penghujan, dgn mencuci manual tentu dapat susah jadi kering, oleh sebab itu tidak sedikit yg menyerahkan baju kumuh mereka ke laundry-laundry
Trend mencuci di laundry telah jadi bidang dari gaya hidup warga.


KUNCI Berhasil Bisnis LAUNDRY KILOAN
Area yg & nyaman.
Layanan yg langsung, cermat, & memuaskan (mengutamakan mutu).
Pemilik baju rata rata mengharapkan pakaiannya bersih, rapi, & harum.
Harga terjangkau
Memanfaatkan bahan-bahan yg tak memunculkan kerusakan warna atau bahan baju.
Sedia tempat basah & ruang kering, maka tak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, & proses setrika.
Sedia setrika uap yg bisa dimanfaatkan utk menyetrika baju dari bahan kusus.
Pelayanan Penambahan Yg Butuh DISEDIAKAN DALAM Business LAUNDRY KILOAN
Pelayanan antar jemput.
Sarana ticket disc buat pengguna yg tidak jarang memakai pelayanan.

Bisnis LAUNDRY KILOAN
Yg menjadikan laundry kiloan ini teristimewa merupakan harga menjual jasa yg terjangkau, mutu baik, proses pencucian dipisah-pisah masing-masing konsumen(tak dicampur), pelayanan antar jemput, pembeli bisa pilih pewangi yg dimanfaatkan pas selera, tempat business yg gampang dijangkau costumer, mempunyai penampakan yg tidak serupa, memberikan kemudahan transaksi bagi kastemer, pula memberikan pelayanan one day service (satu hri selesai)

Peralatan-peralatan standar bisnis laundry kiloan yg butuh disediakan ialah juga sebagai berikut :
* Mesin Cuci
* Mesin pengering
* Setrika
* Timbangan Duduk
* Seragam karyawan
* Sarana promosi (banner, spanduk, brosur)
* Peralatan Administrasi (nota, buku administrasi, dll)
* Bahan Kimia Laundry
* Peralatan Suporter Ruangan Cuci (rak daya simpan, ember, brush, dll)
* Peralatan Suporter Ruangan Packing (plastic packing, stapler, dll)

Tempat dan Lokasi

1. Letak Ruangan
Berada didekat ruang pemukiman pendudk, seperti didepan komplek perumahan, didaerah asrama atau kost mahasiswa, atau berada di pinggir jalan penting. Baca artikel ini buat keterangan lebih kumplit > “Cara Pilih Tempat Business Laundry“

2. Standar Keperluan Lokasi Kerja
Luas tempat minimum : (lebar) 4 meter x (panjang) 5 meter
Note : Ukuran panjang & lebar akan sebaliknya.

3. Asumsi keperluan area :
* Tempat penerimaan pelanggan sekaligus ruangan tunggu
* Area pencucian
* Lokasi pengeringan
* Area setrika atau pengemasan
* Lokasi administrasi
LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :
1. Survey :
* Pemetaan pasar
* Persaingan
* Potensi
2. System :
* Pembukuan sederhana
* Siklus kerja
* SOP (Mekanisme Standar Operasi)

3. Pelatihan :
* Pelatihan karyawan / Buku tutorial pelatihan
* Pengendalian system
* Pemasaran
* Pengamanan dan pengendalian bisnis

Tutorial Pengerjaan Tugas PROYEK LAUNDRY KILOAN

LANGKAH Basic
* Penyusunan tim kerja
* Pimpinan proyek
* Disain interior
* Disain graphis
* System & keuangan
* Arena Lapang / pembelanjaan
* Sumber Daya Manusia
* Pemasaran
* Penyusunan time schedule masing-masing bidang

a. Time schedule Perencanaan I
* Gambar layout termasuk juga pengukuran
* Gambar disain interior
* List barang belanjaan yg mesti dibeli
Note : Gambar mesti mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule Perencanaan II
* Penentuan nama dan tagline bisnis
* Gambar disain neonbox / billboard
* Gambar disain stand banner
* Gambar disain spanduk atau media promosi lain
* Desain seragam & perlengkapannya
* Gambar lain yg dimanfaatkan
Note : Gambar mesti mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule lokasi & perlengkapan
* Batas dikala renovasi ruang
* Batas ketika pengadaan peralatan & perlengkapan

d. Time schedule pembuatan
* Eksekusi layout & disain interior yg sudah disetujui
* Eksekusi disain graphis yg sudah disetujui
* Pembelian & penyerahan barang
* Rekruitmen Petugas
* Tes arena lapang peralatan & kesiapan kerja
* Pelatihan karyawan
* SOP total
* Pra promosi
* Soft opening
* Promosi
* Grand opening
* Pengawasan & pendampingan
* Penyusunan biaya(Budgeting)

Biaya yg ditetapkan meliputi :
* Budget pemesanan disain
* Budget transportasi & akomodasi
* Biaya pembelian barang
Note : Mesti dibuat jadwal pengeluaran dananya cocok tanggal yg direncanakan


Detil Pekerjaan
1. Bidang DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout
Memastikan alur masuk kendaraan, mulai sejak dari masuk sampai ke luar
Memastikan posisi tempat tunggu
Tentukan posisi pembuatan pencucian
Memastikan posisi finising
Memastikan posisi kasir
Menetukan posisi kasir
Tentukan posisi perlengkapan suporter (Televisi, Radio tape, dll)
Memastikan posisi ruang daya simpan peralatan & perlengkapan
Tentukan instalasi serasi standar efisiensi & kerapiha yg meliputi :

a. Sumber Air
b. Penempatan mesin cuci
c. Penempatan mesin pengering
d. Penempatan setrika
e. Rak-rak ruang baju yg telah bersih
f. Kran-kran air
g. Kelistrikan
h. Alur pembuangan limbah hasil pencucian
Note : Dalam memastikan layout mesti dipikirkan benar pada efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi lokasi, kemudahan proses, juga resiko pada lingkungan.
b. Gambar disain interior
Memastikan ukuran-ukuran dengan cara tentu peralatan & perlengkapan yg bakal dibuat pun model yg dapat diciptakan (meja kasir, tempat tunggu, & lain-lain)
Tentukan warna cat ruang dalam & luar
Memastikan ornament-ornamen tempat yg mensupport
2. Bidang DISAIN GRAPHIS

Gambar disain graphis
Memastikan nama bisnis pun taglinenya dgn persetujuan pimpinan
Memastikan disain logo bisnis
Memastikan disain standbanner & fasilitas promosi internal suporter
Memastikan disain billboard / neonsign
Tentukan disain seragam & perlengkapannya
3. Sektor System & KEUANGAN
Memastikan mekanisme penerimaan klien
Memastikan mekanisme pembuatan kerja
Tentukan mekanisme penerimaan pembayaran
Tentukan mekanisme komplain klien
Tentukan mekanisme penetapan & penghitungan bahan baku
Tentukan mekanisme pembelian kembali bahan baku
Memastikan mekanisme perawatan & daya simpan peralatan
Memastikan mekanisme jadwal & siklus kerja karyawan
Tentukan mekanisme keuangan & pengamanannya
4. Sektor PEMBELIAN & Arena Lapang
Tentukan banyak barang yg dapat dibeli
Memastikan budget pembelian barang
Lakukan pembelian banyak barang
Lakukan pemesanan dan pembelian barang permintaan disainer interior
Lakukan pemesanan dan pembelian barang permintaan disainer graphis
Lakukan pengawasan instalasi ruang tepat disain, baik interior maupun graphis.


5. Bidang Sumber Daya Manusia
Lakukan rekruitmen Petugas yg digunakan
Lakukan seleksi Petugas
Melaksanakan pelatihan pemahaman business
Melaksanakan pelatihan teknis tugas dengan cara total
Melaksanakan pelatihan mental dan pembeli satisfaction
Melaksanakan kontrol pada perkembangan Sumber Daya Manusia
6. Sektor PEMASARAN
Memastikan taktik pemasaran pra operasi
Memastikan taktik pemasaran operasi
Memastikan taktik pemasaran pasca

7. PIMPINAN PROYEK
Memantau dengan cara total proses pengerjaan tugas
Mempertanggungjawabkan hasil kerja terhadap perusahaan
Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek pada perusahaan
Mengeksekusi komplain tim proyek
List BARANG Yg Dipakai
List barang yg dimanfaatkan butuh ditentukan pas keperluan, yg ditetapkan oleh pimpinan proyek.

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) LAUNDRY KILOAN
Ketetapan KARYAWAN
Sektor penerimaan pelanggan merangkap kasir
Sektor pencucian
Sektor setrika merangkap bidang pengemasan
Supervisor (apabila difungsikan dalam kasus ini buat pembukaan laundry kiloan lebih dari satu dalam satu daerah domisili)
System KERJA
Dilakukan shift kerja & rolling pekerjaan supaya lebih terkendali & terkontrol.
Mekanisme PENANGANAN PELANGGAN

Step I

Penerimaan Pelanggan
Dilakukan oleh sektor penerimaan pelanggan merangkap administrasi / kasir.
Cucian kumuh di terima oleh bidang penerima pelanggan.
Penerima pelanggan wajib menanyakan tentang baju yg dapat dicuci, apakah ada yg gampang luntur warnanya, atau ada yg mesti dicuci kusus utk menghindari kesalahan pencucian.
Sambil menunggu cucian bernoda ditimbang & pelaksanaan nota, pengguna diminta menunggu ditempat yg sudah disediakan.
Cucian tersebut setelah itu ditimbang & dihitung jumlah satuan baju.
Sesudah ditimbang, penerima pelanggan seterusnya membuatkan nota pembayaran, nota tersebut berisi nama & alamat pelanggan, berapa jumlah kilogram & berapa jumlah satuan baju yg bakal di-laundry, & berapa keseluruhan pembayarannya, juga keterangan lain (kalau difungsikan)
Kalau terdapat pelayanan pemilihan pewangi baju, pelanggan dipersilakan utk pilih pewangi cocok yg di harapkan pelanggan. & ditulis dalam nota pembayaran tersebut.
Nota pembayaran rangkap kesatu tersebut seterusnya diberikan terhadap pembeli.
Apabila kastemer membayar lunas dimuka, sehingga nota tersebut dicap “LUNAS” oleh sektor penerimaan pelanggan.
Apabila kastemer belum membayar, sehingga pembayaran bakal dilakukan kepada dikala pengambilan cucian.

Step II

Pencucian
Dilakukan oleh bidang pencucian.
Cucian ditempatkan dalam box husus tepat bersama nama customer
Utk memudahkan identifikasi, tiap-tiap baju dikasih No. urut. & No. urut tersebut ditulis kepada nota rangkap kedua.
Cucian yg enteng luntur dicuci tersendiri.
Proses cuci dilakukan dgn memanfaatkan mesin cuci yg sedia dgn standar pemakaian bahan cuci yg tak berbahaya, tak memunculkan kerusakan kepada baju ataupun warna baju.
Pengeringan cucian serta dilakukan memanfaatkan mesin cuci tersebut.
Bila proses cuci tersebut sudah selesai, sehingga cucian bersih seterusnya diambil dari mesin cuci & dimasukkan kedalam box cocok nama kastemer buat kemudian disetrika.
http://www.jefrihilda.my.id/2015/10/cara-berbisnis-laundry-kiloan-agar-sukses.html

0 Response to "GAMBARAN UMUM Business LAUNDRY KILOAN"

Posting Komentar

wdcfawqafwef